Rabu, 17 Juni 2009

The Longest Bridge in Indonesia, Suramadu

Diposkan oleh Yuan Fasih di 08.56
The Longest Bridge In Indonesia... Suramadu Bridge
Hi guys... siapa sih yang nggak tau jembatan yang satu ini? Yuphz bener banget! Suramadu Bridge atau lebih di kenal dengan nama Jembatan Suramadu. Jembatan ini baru saja diresmikan loh! Sama Pak Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 10 Juni 2009 kemarin!

Jembatan Suramadu ini (Surabaya-Madura) adalah
jembatan yang melintasi selat Madura dan menghubungkan antara Pulau Jawa dan Pulau Madura! Dengan panjang 5.438 m, jembatan ini merupakan jembatan terpanjang di Indonesia saat ini, Waduh... hebat banget yah! Jembatan Suramadu ini terdiri dari tiga bagian yaitu jalan layang (causeway), jembatan penghubung (approach bridge), dan jembatan utama (main bridge).

Jembatan ini diresmikan awal pembangunannya oleh Presiden Megawati Soekarnoputri tanggal 20 Agustus 2003 dan diresmikan pembukaannya oleh Presiden SBY (Susilo Bambang Yudhoyono) pada tanggal 10 Juni 2009 kemarin! Pembangunan jembatan ini ditujukan untuk mempercepat pembangunan di Pulau Madura, meliputi bidang infrastruktur dan ekonomi di Madura, yang relatif tertinggal dibandingkan kawasan lain di Jawa Timur.

Katanya nih... perkiraan biaya pembangunan jembatan ini adalah 4,5 triliun rupiah! Wooaaaa banyak banget budgetnya!

Pembuatan jembatan ini dilakukan dari tiga sisi, baik sisi Bangkalan maupun sisi Surabaya. Sementara itu, secara bersamaan juga dilakukan pembangunan bentang tengah yang terdiri dari main bridge dan approach bridge.

Tapi yang sangat disayangkan adalah baru beberapa hari saja, rantai pembatas antara pengendara Mobil dan Motor sudah hilang! Kemudian paku baut yang ada di pagar pembatas jalan di sisi jembatan juga di curi! Waduh... sadis bener tuh yang ngambil!!! Padahal paku baut itu kan buat pagar jembatan yang fungsinya untuk melindungi si pengendara motor agar tidak terjun bebas ke laut!!! Tapi saat hal ini ditanyakan kepada pihak yang bersangkutan dalam proyek pembangunan jembatan Suramadu (maaf aku lupa namanya hehehe) beliau mengatakan bahwa hal itu akan segera diganti mengingat kontraktor masih bertanggung jawab.

Kalo menurut aku sih yang ngambil tuh para pengendara yang kemarin mencoba Jembatan Suramadu sebelum berlakunya tarif jalan tol (masih gratis). Kan mumpung masih gratis gitu, jadi mungkin aja diambil terus di jual deh... Wakh... benar-benar parah yah!

Tapi dibalik itu semua antusias masyarakat akan jembatan Suramadu ini benar-benar patut diacungi jempol! Coba deh bayangin, kemarin aja waktu dibuka untuk umum dalam masa percobaan (masih gratis tentunya) berjubel banget tuh antrean kendaraan bermotor, baik sepeda motor maupun mobil pribadi tapi lebih banyak didominasi oleh pengendara motor. Mereka mengatakan bahwa ingin mencoba menyeberangi jembatan yang katanya terpanjang se-Indonesia itu^^ sampai macet loh! Bayangkan mecet sampai 2 km! Padahal kan di jembatan tuh! Masa macet dijembatan... padahal jembatan biasa yang panjangnya 10 meter aja ada tulisan dilarang berhenti di atas jembatan dan disuruh menjaga jarak karena takut jembatannya ambruk... lah itu mah baru 10 meter nah... kalo yang panjangnya sampai 5.438 m? Gimana tuh?? Pihak Jasa Marga mengatakan kemacetan lalu lintas di jembatan Suramadu saat uji coba kemarin karena banyak pengendara yang berada di tengah jembatan berhenti di tengah jalan karena hanya ingin melihat pemandangan selat Madura dari jembatan Suramadu, dan akhirnya terjadilah kemacetan. Waduh... jangan diulangi lagi deh^^

0 komentar on "The Longest Bridge in Indonesia, Suramadu"

 

[Fully Saiia Blog] Copyright 2009 Sweet Cupcake Designed by Ipiet Templates Image by Tadpole's Notez