Selasa, 19 Mei 2009

Indonesia, Pemilu, dan Partai Politik

Diposkan oleh Yuan Fasih di 11.41
well ini hanya sekedar wacana aja sih. Yah.. buat tambah informasi aja tentang Pemilu dan Partai Politik di Indonesia.

Usut punya usut, ternyata Indonesia tuh multi partai banget! Bayangkan Indonesia yang menganut sistem Demokrasi Pancasila memiliki 34 partai, bahkan pernah mencapai 44 partai politik pada pemilu tahun 1999!

Di satu sisi, banyaknya jumlah parpol menandakan bahwa Indonesia sangat menjunjung tinggi Demokrasi, selain itu hal ini juga dapat memberi kesempatan kepada orang-orang dari partai politik yang bukan dari partai besare (partai politik yang dominan) untuk ikut unjuk kebolehan mereka dalam memimpin.

tapi... kalo ada baiknya, pasti ada buruknya juga donk! Terus... kira-kira apa yah dampak negatifnya?

Well that's the reasons:

first, ternyata eh ternyata dengar-dengar Partai Politik itu dipelihara oleh negara! (katanya sih) Alias didanai oleh negara!
wah... wah kalo segitu banyaknya partai politik, terus habis berapa duit tuh Indonesia???

solution:
daripada menghabiskan banyak dana untuk memelihara mereka, mending dananya buat pendidikan ajah! Inget yah, masih banyak anak-anak yang nggak bisa sekolah dan masih banyak pula sekolah-sekolah dasar yang gedungnya "TIDAK LAYAK PAKAI" selain itu sektor kesehatan juga penting. Coz masih banyak orang di bawah sana yang tidak sanggup untuk berobat ke dokter atau Rumah Sakit.

secondly, Hampir 80% pemilih merasa "BINGUNG MEMILIH CALON LEGISLATIF" coz "Saking Banyaknya Partai dan Calon Yang Diajukan"
"Busyet dah T_T aku aja kemarin lama banget milihnya! coz ada 4 kertas suara yang masing-masing berukuran 2 halaman KORAN! Udah gitu ribet lagi"
Alhasil banyak juga surat suara yang tidak sah dan para pemilih yang Golput coz mereka pada males "Nyontreng"

solution:
Lebih baik partainya dikurangi sedikit lah masa 34 partai??? Inget yah... Amerika Serikat yang disebut-sebutsebagai negara yang paling demokrasi aja cuma punya 2 partai, Lah kita??? 34 partai!!!
yah paling nggak jadi 10 partai atau berapa gitu... pokoknya partai yang sudah mendapat minimal 2-3% suara se-Indonesia.
Inget nggak pas zaman Orde Baru??? Dulu aja partai di Indonesia cuma ada 3 partai pas zamannya Pak Soeharto.

Thirdly, Yang paling menggegerkan! BANYAK PARTAI=GLOBAL WARMING!!!
loh??? kok bisa? silakan baca artikel "Salah Satu Cara Menaggulangi Global Warming"

0 komentar on "Indonesia, Pemilu, dan Partai Politik"

 

[Fully Saiia Blog] Copyright 2009 Sweet Cupcake Designed by Ipiet Templates Image by Tadpole's Notez