Minggu, 19 Juli 2009

Syndrome Facebook telah mengalahkan Mr. Google

Diposkan oleh Yuan Fasih di 11.19
hui guys tau kan situs jejaring pertemanan yang satu ini? Yupz bener banget! Facebook yang akhir-akhir ini mulai booming perlahan-lahan menjadi situs THE MOST WANTED alias situs yang paling dicari!
Why? padahal yang kita tahu pada beberapa bulan yang lalu, friendster-lah yang pertama kali membuka mata kita untuk online dan bergabung dalam "situs pertemanan"


Friendster Dan Saiia
Ya, memang pada awalnya situs friendster-lah yang lebih dulu merajalela apalagi sekitar tahun 2008-awal tahun 2009 di Indonesia.

saiia mengatakan hal demikian coz memang friendster yang pada awalnya seperti barang asing malah berubah menjadi sebuah situs yang wajib di buka antara tahun 2008-awal2009. Terus terang saja, saiia bergabung dengan friendster sekitar bulan Desember tahun 2006 dan memang pada saat itu, friendster masih dibilang asing untuk seorang pelajar bahkan masyarakat umum (menurut aku sih) coz tiap kali aku bertanya tentang alamat friendster ke teman-temanku, atau orang-orang yang aku kenal, hampir 85% tidak mengetahui apa itu friendster di tahun 2006, ketika aku masih kelas X SMA.
Alhasil friendster buatku tidak begitu menarik coz kebanyakan dari mereka tidak tahu, kalaupun mereka ke warnet paling-paling cuma online situs "GOOGLE", "YAHOO MESANGER", "MIRC", dan "mail yahoo". tapi setelah Saiia kelas XI, Friendster-pun merajalela. Bahkan hampir setiap siswa memiliki friendster. Aku yang pada awalnya menjadi satu-satunya siswa kelas XI.IA.3 yang setia online friendster tiap kali mampir ke laboratorium computer, sekarang mulai mendapat saingan wkwkwk. Sampai-sampai Lab. Komputer di sekolahku tidak pernah absen oleh para siswa di saat jam istirahat. Aku sangat bersyukur coz kelasku XI.IA.3 letaknya tidak jauh dari lab. Computer sehingga aku sering kali mampir sambil mengantongi “flashdisk 256 MB yang pada waktu itu masih jadi barang langka” Yuphz flashdisk pada waktu itu masih jadi barang langka coz harganya yang mahal dan penggunaan flashdisk yang masih belum booming. Aku seneng coz mereka banyak bertanya tentang friendster ke aku, so teman jadi tambah banyak deh^^ dari yang awalnya kenal tapi nggak banyak bicara jadi sering ngobrol sama aku^^Kalo buat pemula sih oke-oke aja^^ terus terang saja "Friendster Bahkan Bisa Membuka lapangan Pekerjaan Baru"
taukah kenapa? Survey membuktikan di daerah Blora, sewaktu SMP jumlah warnet disini hanya 2 saja. Yang pertama Mahatma dan Yang kedua aku lupa namanya T.T tapi mengingat peminat Internet di Blora masih sedikit, hanya tinggal Mahatma saja yang masih bertahan, alhasil hanya ada satu warnet di daerah Blora kota. Oh~ MY GOD! Makanya mahal banget tarifnya! Kalo nggak salah nih Rp. 12.000,00/jam kayaknya memakai TELKOMNET INSTANT

Lalu muncul warnet dengan nama M2M, dengan tarif Rp. 9000,00/jam pas aku SMA kelas X. Wah… gara-gara Friendster Booming saat aku kelas XI SMA, M2M jadi menambah beberapa komputer (tapi jadi lola coz kebanyakan computer) dan kemudian menurunkan tarifnya menjadi Rp. 8.000,00/jam coz ada saingan warnet baru. Dulu aja yang antre banyak banget, tapi gara-gara ada saingan warnet yang antre jadi lumayan sedikit. Malah gara gara friendster, muncul bisnis yang menjanjikan alias bisnis warnet. Makanya satu-persatu warnet mulai bermunculan, apalagi dengan adanya TELKOM SPEEDY yang aksesnya lebih cepat disbanding pendahulunya TELKOMNET INSTANT, sehingga tarif Internet pun makin murah/jamnya dan semakin menguntungkan kita tentunya. Bayangkan saja, dari Rp. 12.000,00 jadi Rp. 9.000,00 kemudian turun Rp. 8.000,00 terus Rp 4.000,00 jadi Rp. 5000,00 dan turun hingga Rp. 3000,00 dan sekarang rata-rata Rp. 2500,00 bahkan tak sedikit yang memasang tarifnya Rp. 2000,00/jam. Tapi sekarang aku jarang-jarang ke warnet coz dirumah udah pasang Telkom speedy. So, tinggal pencet tombol modem, aku online online online online (lagunya Saykoji_ONLINE)

Kalo membayangkan zaman dulu T.T uang jajanku habis bukan buat jajan tapi buat Internet-an di warnet ToT wah… parah!!!

Friendster dan Google


Friendster memang lagi booming dan merajalela. Tapi yang harus kita tahu, walaupun friendster booming, dia belum bisa menandingi Mr. Google yaitu Situs MOST WANTED di Indonesia. So, friendster masih kalah jika di bandingkan Google.com pada waktu itu.
Lalu, bagaimana dengan facebook?

Friendster vs Facebook

Akhir-akhir ini situs facebook makin digandrungi orang, bahkan para pengguna setia friendster beralih ke facebook. Yuphz bener banget! Why? Coz facebook lebih asyik daripada friendster. Fasilitas yang digunakan facebook lebih komplit daripada friendster, misalnya dengan adanya status di facebook. Jika di friendster status hanya akan menampilkan profil teman kita yang sedang meng-update profilnya, add new friends, dan received new comment. Sedangkan facebook, satusnya lebih komplit, kita tidak perlu susah-susah memposting bulletin seperti di friendster, padahal belum tentu teman kita membacanya coz hanya ada title di bulletin board, sedangkan di facebook kita bias dengan mudah memposting bulletin lewat satus update tanpa takut tidak ada teman yang akan membacanya coz semua teman kamu yang online pasti akan membacanya baik secara sengaja maupun tidak disengaja karena pesan status langsung tampil begitu di post, bahkan teman-teman kamu bias menambahkan comment di status profile kamu^^. Dan yang pasti, kamu bias langsung chatting lewat facebook, berbeda dengan friendster yang harus menambahkan aplikasi chatting dulu, agar bisa chatting.

Kelemahan Facebook: tidak semua orang memakai layout facebook coz “susah memakai layout” makanya layout facebook biasanya hanya putih saja T.T dan terkesan lebih “MONOTONE” dengan warna putih seadanya dan lebih parahnya lagi kita belum bias membuat layout kita sendiri seperti yang ada dalam layout friendster. Kemudian tidak sembarang layout yang digunakan dalam facebook. Kalo friendster kan bias macam-macam bias dari friendster-layout.com/situs penyedia layout friendster lainnya.

Kelemahan Facebook: Kalo kita online facebook lewat hp, mahal juga daripada online friendster coz pada waktu online, friendster hanya membutuhkan 5kb saja, sedangkan facebook bias mencapai 10/12kb tergantung pada banyaknya gambar yang ada di home.



Facebook vs Google


Banyak orang yang tidak mengira jika facebook lebih dulu ada dibandingkan friendster. Yuphz bener banget! Banyak yang mengira kalau friendster lebih dulu ada daripada facebook coz menurut mereka friendster lebih dulu di kenal di Indonesia daripada facebook. Tapi jawabannya salah! Karena facebook lebih dulu dibuat daripada friendster loh!

Karena akhir-akhir ini facebook makin booming di Indonesia, banyak banget yang online lewat hp. Makanya nggak heran jika online lewat hp, akses GPRS-nya lola (loadingnya lama) coz saking banyaknya pengguna yang online.
Bahkan di Indonesia, rating facebook melebihi rating Google loh! Padahal yang kita tahu selama ini Google selalu menjadi situs yang paling dicari oleh para browser dan orang yang lagi online^^

Yuphz tahu nggak kalo rating Facebook menduduki peringkat 1 disusul Mr. Google.co.id? menurut Alexa, situs yang menayangkan rangking site yang paling banyak di kunjungi orang.

Ternyata situs facebook memang dahsyat! Coz teman2ku yang awalnya gaptek aja sekarang malah mati2an ber-facebook ria wkwkwk (maap buat temanku yang baca, aku terlalu jujur) saingan jadi tambah banyak nih! Facebook emang bias buat orang yang awalnya nggak tertarik sama dunia maya jadi ikut masuk dunia maya. Well, kita liat aja sampai kapan facebook akan bertahan? Coz tiap hari makin bertambah aja nih penggemarnya.

10 besar situs paling banyak dikunjungi di Indonesia versi alexa:
-Facebook

-Google.co.id

-Yahoo!

-Google.com

-Blogger.com

-YouTube

-WordPress.com

-Kaskus - Komunitas Indonesia

-friendster.com

-Detik.com

0 komentar on "Syndrome Facebook telah mengalahkan Mr. Google"

 

[Fully Saiia Blog] Copyright 2009 Sweet Cupcake Designed by Ipiet Templates Image by Tadpole's Notez