Senin, 14 Februari 2011

Resep Pempek, Ayooo Bikin Pempek!

Diposkan oleh Yuan Fasih di 11.58
Hahahaha gara-gara beli Pempek pas di Ungaran niii jadi pengen buat pempek makanan khas palembang ini


kemaren sih buat Pempek lenjer sama pempek kapal selam bahan-bahannya nyari di Internet ^_^ tapi gak sama persis...

ada yang saiia ubah seperti pebandingan tepung terigunya... yang membuat teksturnya lebih lembut dan kenyal

hahahaha aslinya sih pake ikan Tengiri tapi berhubung pas belanja stok ikan tengirinya abizz ea udah akhirnya pake ikan patin soalnya stok ikan gabusnya juga lagi kosong

oke langsung aja saiia posting Resep Pempek Khas Palembang olahan saiia kemarin


Bahan:
3/4 kg ikan tengiri atau ikan gabus atau ikan seadanya yang penting yang banyak dagingnya ^_^
3/4 kg tepung kanji atau tapioka atau tepung sagu
1/4 kg tepung terigu
14 siung bawang putih
1/4 kg telur puyuh (bisa diganti telur ayam)
asam jawa
gula jawa
cuka
garam
air

Cara Membuat:
  1. bersihkan ikan kemudian ambil dagingnya saja, kulit dan durinya dibuang
  2. giling daging ikan atau bisa juga dengan diblender bersama 5 siung bawang putih dan garam secukupnya
  3. campurkan tepung kanji dan tepung terigu bersama gilingan daging dan beri air lalu diaduk-aduk sampai adonan menjadi kalis
  4. setelah adonan kalis, bentuk bulat2
  5. rebus telur puyuh sampai matang
  6. sementara kita menunggu telur matang, kita akan membuat larutan cuka/cukonya dulu


Katanya sih... kunci enak/tidaknya dari pempek adalah cukonya ini lhooo.. walaupun pempeknya enak tapi kalo cuko/saus cukonya nggak sedap ya pempeknya nggak enak hehehe

Cara membuat Cuko:
  1. panaskan sebanyak 8 gelas air (kemarin saiia buat 5 gelas tapi masih kurang jadi lebih baik buat 8 gelas aja soalnya kemarin saiia buat cuko lagi hahaha)
  2. tambahkan asam, garam dan gula merah dan cuka 2 sendok teh kalo mau ditambah vetsin juga nggak apa-apa tapi kemarin saiia nggak pake vetsin
  3. tambahkan 16 buah cabe rawit (bisa lebih) yang sudah ditumbuk halus dengan 7 siung bawang putih sambil terus diaduk-aduk, cicipi Cukonya, jika rasanya sudah manis, asam, pedas plus sedikit asin berarti Cuko udah pas,
  4. jika dirasa kurang asam, tambahkan asam, kalo kurang manis tambah gula jawa... pokoknya rasanya harus asam manis pedas :D hahahaha
  5. rebus sampai mendidih, kemudian disaring yaaa
Adonan Pempek yang sudah Kalis

Cara Membuat Mie:
1. Mie Kriting direbus, tambahkan garam secukupnya


cara Membuat Pempek:
ada dua cara kemarin sebagian adonan saiia kukus dan sebagian lagi saiia rebus hihihi yang dikukus teksturnya jadi brindil-brindil (hmmh istilahnya apa yaaa apa mungkin Chrispy gitu??) ketika digoreng dan agak kriuk, kalo direbus agak lebih empuk dan memudahkan kita melihat apa adonan sudah matang/belum

  1. adonan yang sudah dibulat2 dipipihkan kemudian masukkan telur puyuh yang sudah dikupas dan bentuk seperti pastel
  2. adonan yang lain dibuat gelondongan seperti bentuk memanjang, tanpa isi namanya pempek lenjer
  3. kukus sampai matang
  4. goreng sampai matang

Pempek Rebus:
  1. adonan yang sudah dibulat2 dipipihkan kemudian masukkan telur puyuh yang sudah dikupas dan bentuk seperti pastel
  2. adonan yang lain dibuat gelondongan seperti bentuk memanjang, tanpa isi namanya pempek lenjer
  3. rebus adonan sampai adonan terapung yang menandakan adonan sudah matang
  4. goreng sampai matang
Telur Puyuh Yang Sudah Matang

Cara Penyajian:
1. Iris pempek kemudian taruh di mangkok/piring saji
2. tambahkan mie dan kuah Cuko

TIPS DARI SAIIA:
kemarin saiia nyoba mie yang sudah matang digoreng lalu baru disajikan dengan pempek hahaha rasanya lebih chrispy kriuk2 gitu..
kalo pengen lebih pedas, tambahkan cabai lagi
Telur Puyuh yang dikupas

Sayang banget kemaren belum sempat ngambil gambarnya pempek yang sudah jadi... hahaha saya lupaa maap yaa...

SELAMAT MENCOBA!!!

0 komentar on "Resep Pempek, Ayooo Bikin Pempek!"

 

[Fully Saiia Blog] Copyright 2009 Sweet Cupcake Designed by Ipiet Templates Image by Tadpole's Notez