Rabu, 10 Desember 2008

KALO KOMPUTER LAGI KENA VIRUS

Diposkan oleh Yuan Fasih di 13.15
Asli bikin kesel ajah!!! nih buat kamu yang mo ngecheck apa komputer kamu lagi bermasalah:
  1. Biasanya tuh virus datengnya dari tempat penyimpanan file yang praktis n bisa di bawa kemana2 kayak disket or flashdisk.
  2. Begitu kemasukan virus, si komputer bakal ngasih tau kita (dengan peringatan kalo ada virus yang masuk, mo di delete ato di apain. Terserah tapi lebih bagus di delete ajah. coz kalo gak bisa nularin virus ke file2 lain).
  3. Tapi untuk yang nomor 2 khususon buat komputer yang anti virusnya anyar alias baru di update ato anti virus versi terbaru. Nah lo... kalo misalnya antivirus nggak di update tapi valid until 31 April 2009 misalnya (sekarang taon 2008) bisa aja kena lhooo tanpa pemberitahuan sebelumnya malah!!! WEIIITZ GAWAAAT NEEH (kayak komputerku kemaren) Alhasil kita nggak tau kalo tuh komputer udah terjangkit virus komputer T_T. Kemaren terakhir di pake Bokap pas giliran aku yang pake ada WALLPAPER ANEH yang aku nggak ngerasa kalo aku punya. BISA DIBILANG KALO INI PENEMUAN BARU, COZ AKU BARU NEMU KALI INI. tapi nggak tau deh yang laennya.

Ada gambar 3 D orang bersayap tapi wajahnya nggak keliatan, yang bikin aku heran neeh... tuh gambar ada tanggalnya, 3 Desember 2008 tanggal dimana aku lagi di depan komputer. trus tepat di bawah orang bersayap ada tulisan kayak gini:

Hi Creative Computer!
If you have seen me, you are same as fool guy!

kalo dipikir2 kok bisa tau kalo Creative Computer tuh yang jadi Authornya.

trus If you have seen me, you are same as fool guy!:
Jika kamu melihatku, kamu sama saja dengan orang yang bodoh!

Busyeeet daaah begitu baca tulisan itu, aku langsung buru2 men-scan lewat antivirus. Tapi apa yang terjadi??? Antivirus yang belom KADALUARSA itu malah nggak bisa dibuka karena
"EROR: the file not found or has been destroyed"

Buru2 aku tanyain ke bokap apa tadi abiz ngecupke flashdisk ato nggak. Bokap bilang iya.
waktu aku tanya apa tadi abiz ngganti wallpaper bokap bilang nggak, trus malah bilang "Loh kirain kamu yang ganti wallpapernya" -_- waduuuh

haiiiaah pantesan ajah waktu aku buka file dari flashdisk-ku semua file yang formatnya microsoft word icon-nya jadi aneh semua trus DATE MODIFIED jadi 3 Desember semua.

Bokap nggak percaya kalo komputer kena virus gara2 flasdisknya, alhasil aku ngecheck flashdisk-ku ke Laptop yang semula tanpa virus jadi ada virusnya 2 jenis yang satu TR yang satu W apaan gitu. Nah baru deh bokap percaya kalo komputer lagi kena virus.
Tapi imbasnya kena di Aku juga, gara2 flashdisknya di Scan lewat Laptop, AMBLASLAH semua file format MS-WORD

BUAT NGECHECK:
1. Biasanya begitu kena virus, komputer jadi LOLA (loadingnya lama) alias jadi lemot
2. File2 MS-Word biasanya DATE MODIFIED-nya berubah dan sama semua.

catatan: Biasanya virus paling suka ngrusak file word, tapi itu nggak menutup kemungkinan kalo jenis file2 yang laen juga terinfeksi. (kalo waktu di scan trus terdeteksi virus dan ada file/folder dengan akhiran exe biasanya nggak bakal selamat alias ikut ngilang kalo kamu delete virusnya)

#Biasanya untuk komputer yang udah kena, trus masih kamu scan dengan antivirus sama dengan yang kamu punya (asalkan nggak kadaluarsa). Virus nggak bakalan bisa terdeteksi, tapi bisa kamu liat waktu kamu men-scan folder (misalkan local disk D). Ada suatu folder yang namanya nggak bakal kamu temuin di folder itu, walaupun udah kamu "show hidden files"nya.

kayak yang ada di komputerku:




buat nyelametin file kamu:
#Cepet ganti format MS-word kamu sama yang namanya Rich Text Document
caranya buka file-save as-pada file format pilih Rich text Document (biasanya file ini aman)

# Kalo udah mending siap2 buat burning semua file kamu di DVD. (sebaiknya langkah antisipasi ini dilakukan sejaK dulu sebelum komputer kamu kena virus, jadi kamu masih punya softcopy-nya kayak aku kalo komputer kena virus jadi nggak bingung)

# Setelah semua file diamankan, berdoa dan segera install ulang antivirus kamu ato hubungi
orang yang biasanya nginstal (MASTER-nya komputer) kalo kamu nggak ngerti.

1 komentar on "KALO KOMPUTER LAGI KENA VIRUS"

Somet 健在 The 武士 on 19 Desember 2008 16.02 mengatakan...

bagus.....bagus..., nice posting :)
hmm, yang jelas, slalu update database antivirusnya, lalu kalo mo masukin flashdisk atau apapun, jangan lupa discan dulu.
btw, pake avira juga neh??

 

[Fully Saiia Blog] Copyright 2009 Sweet Cupcake Designed by Ipiet Templates Image by Tadpole's Notez