Senin, 24 Agustus 2009

Malaysia Akui Tari Pendet

Diposkan oleh Yuan Fasih di 16.39
Huft... kapan selesainya sih Indonesia vs Malaysia??? Katanya saudara satu rumpun??? Kok saling berantem??? Peace donk!!! Kalo aku sih pengennya Malaysia dan Indonesia nggak berantem, tapi masalahnya mereka bilang kalo Malaysia suka mengakui kebudayaan Indonesia??? Lah... yang bener??? Contohnya aja Lagu Rasa Sayange, Reog Ponorogo, Makanan Rendang... dan lain-lain. Nah sekarang gantian Tari Pendet yang katanya diakui Malaysia dan ada di iklan visit Malaysia.

huft... nggak tau deh tapi katanya pemerintah Indonesia nggak akan tinggal diam, malah bakal nuntut katanya ini dia berita yang Saiia dapat dari okezone.com

Indonesia Harus Bawa Masalah Pendet ke Internasional

Sabtu, 22 Agustus 2009 - 09:12 wib
Tari Pendet dari Bali. (Foto: ikhsanamq.files.wordpress.com)

JAKARTA - Pemerintah didesak untuk mengambil langkah lebih lanjut masalah klaim Malaysia atas Tari Pendet yang ditanyangkan dalam iklan Visit Malaysia 2009. Jika perlu membawa masalah ini ke hukum internasional.

Anggota Komisi X DPR Hafidz Ma'soem saat dihubungi okezone mengatakan sudah sepantasnya pemerintah untuk mendesak Menteri Pariwisata dan Budaya untuk merebut kembali Tari Pendet yang nyata-nyata merupakan tari yang berasal dari Bali.

"Segera desak kepada menteri, permintaan untuk minta tegas seni budaya yang diambil bangsa asing dan menuntut hak kita di mata dunia," kata Hafidz, Sabtu (22/8/2009).

Opini internasional sudah terbentuk, bahwa Indonesia sebagai negara yang memiliki ragam budaya seringkali dirampok oleh negara lain. "Jadi sikap pemerintah harus tegas dengan menyerahkannya ke dalam mekanisme hukum internasional," imbuhnya.

Hafidz sendiri merasa sedih dengan perlakuan Malaysia terhadap budaya-budaya milik Indonesia. "Sebagai warganegara Indonesia sangat menyesalkan dan menyayangkan, karena adanya pengklaiman sepihak bahwa Tari Pendet diklaim sebagai milik budaya Malaysia," ungkapnya.(hri)


source: okezone.com

0 komentar on "Malaysia Akui Tari Pendet"

 

[Fully Saiia Blog] Copyright 2009 Sweet Cupcake Designed by Ipiet Templates Image by Tadpole's Notez