Sabtu, 15 Agustus 2009

Festival Sail Bunaken 2009, Rebut Rekor Menyelam Masal!

Diposkan oleh Yuan Fasih di 20.45
Bunaken Beach

Yoyoyo!!! Festival Sail Bunaken 2009 akan hadir sebentar lagi!!! Bertepatan dengan Ulang Tahun kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-64!!! Dan kabarnya Festival Sail Bunaken Ini menghabiskan dana sejumlah Rp 30 miliar ($ 3 juta) 3 Juta Dollar US??? Wah... ada apa nih di Bunaken? Mau tau seperti apa Bunaken itu?

Terumbu Karang Bunaken

Salah satu yang paling terkenal dari Bunaken adalah Taman Lautnya yang Indah banget! Tau nggak kalo sebenarnya Taman laut Bunaken ini memiliki salah satu biodiversitas kelautan yang tertinggi di dunia lho! Ckckck kebayang kan sama keindahan biota lautnya?



oke ngomong-ngomong soal Sail Bunaken Festival 2009, akan ada pemecahan rekor dunia baru loh!!! Wah... rekor apa nih? Yupz Rekor Dunia Selam Masal!!!



Perlu diketahui juga bahwa selama ini, rekor dunia selam masal berturut-turut telah dipecahkan. Dan rekor tersebut pernah dipecahkan oleh beberapa negara:

Pada 2004, rekor tersebut dipegang Australia dengan jumlah 600 penyelam
Pada 2005 rekor itu dipecahkan Thailand pada Festival Kohtao yang melibatkan 725 penyelam.
Dua tahun berikutnya, pada 2007 rekor tersebut kembali pecah di Maladewa oleh 925 penyelam.


Dan kali ini, kita akan rebut rekor itu dengan 2.612 penyelam!!! Whoaaa whooaaa whooaaa kebayang nggak ada 2.612 penyelam dari Indonesia yang pesertanya terdiri dari para prajurit TNI dan Polri, instansi pemerintah dan swasta, klub Possi, serta masyarakat umum! GOOD JOB!!!

Ada lagi berita lainnya di Festival Sail Bunaken 2009 ini, event yang paling di tunggu-tunggu yaitu Upacara Pengibaran Bendera di Bawah Air LAut Taman Bunaken! Menurut Kepala Pusat Dinas Penerangan Mabes TNI-AL (Kadispenal) Laksamana Pertama (Laksma) TNI Iskandar Sitompul, upacara pengibaran bendera di bawah air juga diharapkan bisa mendapatkan pengakuan dari Guinness Book of Record dan Upacara bawah air ini juga diharapkan bisa menciptakan rekor baru lho! Jadi, kita bisa mendapat dua rekor!!!

Para Personel yang sedang latihan Upacara Bendera Bawah Air

Secara teknis di lapangan, para penyelam akan dibagi menjadi 30 kelompok. Setiap kelompok terdiri atas 50 penyelam. Wakil Kepala Staf TNI-AL Laksamana Madya (Laksda) TNI Moekhlas Sidik akan bertindak sebagai inspektur upacara. Dan Pak Iskandar akan bertindak sebagai komandan upacara. Penyelaman di kedalaman 13-15 meter. Di bawah laut, disiapkan tempat bagi peserta upacara, delegasi asing, dan undangan.

Puncak acara Sail Bunaken berlangsung pada 19 Agustus berupa event Indonesia Fleet Review (parade kapal perang) yang akan dihadiri oleh Presiden Pak SBY (Susilo Bambang Yudhoyono) . Katanya nih saat ini, 33 negara menyatakan akan hadir. Sebanyak 15 negara akan hadir dengan membawa delegasi kapal perang. Lalu, 18 negara hadir berupa delegasi. Sedangkan Total personel peserta asing kurang lebih 8 ribu pelaut!!!

Nah, penasaran kan sama event besar yang satu ini??? Mau tau bagaimana kelanjutannya? Makanya jangan bosan untuk mengunjungi blog Fully Saiia yah! Coz ada banyak berita menarik lainnya tentang Festival Sail bunaken yang akan Saiia posting! So... don't miss it!!!

0 komentar on "Festival Sail Bunaken 2009, Rebut Rekor Menyelam Masal!"

 

[Fully Saiia Blog] Copyright 2009 Sweet Cupcake Designed by Ipiet Templates Image by Tadpole's Notez